Senin, 26 Desember 2011 | By: Ulla Tours and Training Institute

Bobung, Desa Pengrajin Topeng Batik Kayu

hjg     Sentra kerajinan topeng kayu “Bobung” terletak di Dusun Bobung, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekitar 10 kilometer arah barat kota Wonosari atau 30 km arah timur Yogyakarta.
    Awalnya, warga Bobung hanya memproduksi topeng kayu biasa, tanpa dibatik. Produksi topeng kayu di Bobung sudah ada sejak tahun 1960-an. Umumnya, topeng ini digunakan dalam menarikan Tari Topeng Panji. Pada saat itu, Tari Topeng Panji sedang populer. Ketika Topeng Panji semakin dikenal hingga ke daerah-daerah lain di Yogya, per­mintaan topeng Bobung pun semakin meningkat.
    Tari Panji adalah tarian yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga pa­da masa penyebaran agama islam di Pulau Jawa pada abad 14-15 Masehi. Tari ini dibawa­kan sebagai media menyebarkan agama islam.
    Sebagian besar masyarakat dulunya adalah petani. Sejak tahun 1980-an, banyak yang beralih profesi menjadi pengrajin topeng kayu, seiring banyaknya permintaan produksi.
    Pada tahun 1990, seorang warga dari Bayat, Klaten, mengkreasikan pahatan kayu dengan seni batik. Ternyata, karyanya sangat disukai pembeli.
saxdx    Lama-lama, beberapa pengusaha ikut mem­produksi batik kayu. Kios-kios produk pun mulai banyak bermunculan. Kini, jumlah pengusaha di Bobung ada 12 orang. Masing-masing pengusaha rata-rata mempekerjakan 5-10 orang pengrajin.
       Saat ini hampir 80% warga Bobung berprofesi sebagai pengrajin topeng kayu. Konsumen topeng kayu antara lain warga Ja­karta, Surabaya, dan Bali.
    Kini, selain topeng, ber­bagai bentuk ke­rajinan lain se­perti kap lampu, patung binatang, peralatan makan, gan­tungan kunci, rak mini dan dakon juga tersedia.
    Sejak dicanangkan sebagai desa wisata pada tahun 2000, produksi to­peng kayu semakin me­ningkat. Para pengunjung dapat melihat langsung ke pengrajin yang sedang mem­buat batik kayu.

PROSES PEMBUATAN TOPENG BATIK KAYU 
  1. aqKayu diukir sesuai pola, kemudian dihaluskan menggunakan amplas.
  2. Setelah halus, topeng dibatik dengan lilin malam cair.
  3. Topeng yang telah dibatik, kemudian dicelupkan ke dalam cairan pewarna.
  4. Setelah didiamkan beberapa menit, topeng dicelupkan ke dalam air mendidih untuk menghilangkan lilin malam.
  5. Terakhir, topeng dijemur hingga kering.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

saya dari jakarta
bisa order dan kirim???

Unknown mengatakan...

Halo, aku elisa dari malang... Apakah aku bisa beli topeng dan dikirim ke alamatku? Trimakasih

Unknown mengatakan...

Halo, aku elisa dari malang... Apakah aku bisa beli topeng dan dikirim ke alamatku? Trimakasih

Posting Komentar